Strategi Bisnis dari sang Presiden Keripik Pedas Maicih



Siapa yang tidak mengenal sosok luar biasa ini. Reza Nurhilman atau pria yang akrab diapanggil Axl29 lahir dibandung 27 tahun yang silam ini mampu membuat makanan kampung menjadi makanan "top" diindonesia hingga mancanegara. Lewat sebuah produk yang berlabel "maicih" reza mampu mengangkat keripik singkong menjadi snack papan atas yang kini digandrungi banyak remaja di indonesia.

Bahkan, diawal penjualannya pun. Banyak sekali calon pelanggan yang rela mengantri untuk mendapatkan keripik maicih tersebut.

Tak tanggung-tanggung, kini Sang "presiden" mampu menghasilkan omzet miliaran setiap bulannya lewat keripik yang diberi brand "maicih" tersebut. Hingga kini, maicih telah tersebar diberbagai penjuru nusantara hingga mancanegara.  

Ini adalah benar-benar prestasi yang luar biasa dari seorang anak muda yang mampu mengangkat makanan kampung menjadi makanan GO Internasioal. 



Masuk pasar Internasional


Pada tahun 2013 lalu, maicih meluncurkan sebuah produk untuk pangsa pasar di luar negri dengan memberikan label "spicy Grany". Saat ini, maicih telah masuk dipasar asia bahkan hingga eropa. Salah satunya ialah china, amerika, jepang, korea selatan, hingga belanda. 


Mendapat penghargaan 100 YWN The Marketeers


Berkat kegigihan dan keunikan dalam memasarkan maicih. Reza mendapat penghargaan "100 YWN The marketeers dari majalah marketeers sebagai Pemasar terbaik via sosial media Dengan low Budget High Income. 

Nah, untuk anda yang sekarang ini mempunyai bisnis, anda bisa belajar dari sang "presiden" didalam sistem pemasaran dalam bisnisnya. Inilah strategi pemasaran yang terapkan reza nurhilman dalam memasarkan maicih hingga bisa tembus pasar internasional.


Ciptakan Keunikan.


Tak bisa dipungkiri, produk yang unik akan selalu diburu para konsumen. Ya, inilah strategi yang digunakan reza dalam memasarkan keripik maicih. Sang presiden membuat keunikan dengan memberi level tingkat kepedasan pada keripik singkong buatannya itu. Dan pada saat itu, maicih menjadi satu-satunya keripik singkong dengan memberikan 3 level tingkat kepedasan berbeda. Itulah salah satu keunikan yang bisa membuat maicih diburu oleh mereka pecinta makanan pedas.

Salah satu kunci sukses reza dalam memasarkan maicih adalah berpromosi dengan menggunakan media sosial yaitu twitter. Mengapa reza memilih menggunakan twitter? karena target utama keripik maicih adalah remaja yang berusia 16-25 tahun. Untuk itu, ia selalu memikirkan bagaimana promosi yang tepat sasaran dengan menngeluarkan budget yang minim. Dan "AHA". Ide cemerlang pun muncul. Dengan kekuatan media sosial yang bernama twitter. Maicih mampu memasarkan produknya lewat twitter. Dan akhirnya, keberhasilan memasarkan maicih lewat sosial media itulah yang akhirnya membuat sang presiden menerima penghargaan sebagai "100 YWN The marketeers dari majalah marketeers sebagai Pemasar terbaik via sosial media Dengan low Budget High Income"

Buat Kelangkaan


Setelah membuat ramai di media sosial. Strategi berikutnya yang dilakukan maicih agar selalu diburu oleh para konsumen adalah membuat produk maicih langkah. Ya, pada awal dijualnya maicih. Maicih hanya bisa dibeli lewat tim-tim yang mereka sebut dengan jendral. Dan maicih juga tidak dijual bebas disemua toko bahkan minimarket atau supermarket. 

Oleh karena itu, untuk konsumen yang ingin membeli maicih, mereka harus mencari para jendral yang tersebar di berbagai kota masing-masing. Tentu saja, informasi para jendral yang bergentayangan itu diinfokan melalui media sosial twitter. Sehingga, para konsumen yang ingin membeli maicih, harus selalu mengecek Informasinya di akun twitter maicih. Ya, kelangkaan dalam mendapatkan maicih inilah yang akhrinya membuat para konsumen rela menunggu dan bahkan rela antri untuk mendapatkan maicih.  Inilah salah satu kelangkaan yang diciptakan oleh reza agar konsumen selalu penasaran dengan produk maicih tersebut.

Go nasional, go internasional

Pada tahun berikutnya setelah maicih booming di indonesia. Akhrinya reza memutuskan untuk melakukan distribusi besar-besaran dalam pemasaran maicih. Salah satu strateginya adalah melakukan pemerataan distribusi di setiap penjuru nusantara. Tujuannya, agar maicih semakin mudah didapat dan dijangkau oleh konsumen Dan otomatis dengan pemerataan distribusi tersebut akan memperbesar income maicih. Salah satu cara yang dilakukan untuk mendistribusikan produknya tersebut. Reza menggandeng beberapa perusahaan ritel kelas nasioanl bahkan internasional seperti alfamart, indomart, circle K, carrefour, Lotte mart, Alfamidi untuk mendistribusikan keripik maicih.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar