Reza
Nurhilman Presiden Keripik Maicih - Menjadi orang sukses di usia muda
adalah impian semua orang. Salah satunya adalah Reza Nurhilman seorang
pengusaha sukses keripik maicih. Reza Nurhilman yang akrab di sapa AXL maicih
adalah contoh pengusaha muda yang sukses berkat kegigihan dan
kreatifitasnya dalam mengembangkan sebuah bisnis.
Nama Keripik
Maicih pasti sudah tidak asing lagi terutama bagi peselancar dunia maya,
Yaa karena keripik ini hanya di pasarkan melalui dunia maya namun peminatnya
sangatlah banyak, tidak hanya di Indonesia saja bahkan sampai keluar negeri.
Sangat lucu memang bisnis keripik dengan omset ratusan juta perbulan namun sama
sekali tidak memiliki kantor. Bagaimana itu bisa terjadi? Dari pada penasaran
silahkan simak yang di bawah ini.
Biografi
Reza Nurhilman / Axl Maicih
Reza Nurhilman lahir pada 29 September 1987 di Bandung,
merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Sejak kecil tinggal dan di besarkan
oleh orang tua angkatnya di Cimahi. Masa kecilnya yang tanpa ada figur seorang
ayah membuatnya menjadi pribadi yang mandiri dan pantang menyerah dalam segala
hal. Lelaki yang merupakan alumni dari SMA N 2 Bandung ini mengaku bahwa
masa-masa SMA adalah moment yang sangat berharga dalam hidupnya. Ketika itu ia
bergabung bersama dengan kelompok pecinta musik Guns 'N Roses, dari situlah teman-temanya
menjulukinya sebagai AXL sesuai dengan nama sang vocal Axl Rose. Dari sinilah
Reza Nurhilman yang tadi seorang yang tadinya masih labil kini berubah menjadi
sosok remaja tangguh yang memiliki visi dan mimpi besar.
Awal
Mula Menggeluti Keripik Pedas Maicih
Setelah
lulus SMA tepatnya pada tahun 2005 Reza lebih memilih untuk bekerja daripada
melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dalam rentang empat tahun
dari tahun 2005 hingga 2009 Reza mengumpulkan uang dengan menjual berbagai
produk mulai dari alat-alat elektronik hingga pupuk.
Hingga
suatu hari seorang teman mengajak Reza untuk bermain ke Cimahi untuk mencicipi
keripik lada pedas yang di buat oleh seorang nenek. Dan ternyata sangat
menyukai keripik yang dibuat oleh sang nenek karena rasanya sangat enak. Namun
sayangnya nenek tidak mencoba memasarkan produknya dan hanya membuat keripik
tersebut pada moment tertentu saja.
Akhirnya
Reza berinisiatif untuk menggeluti bisnis keripik pedas yang di buat oleh
nenek. Seketika Reza mencoba menanyakan resep dan cara membuat keripik tersebut
dan ternyata sang nenek tak keberatan untuk berbagi ilmunya kepada Reza. Dari
sinilah awal mula Keripik Maicih berdiri. Reza memberikan nama produk
keripiknya dengan nama Maicih, Ia mengaku memberikan nama Maicih lantaran biar
keliatan nyeleneh saja.
Dengan
modal 15 juta Reza segera memulai usaha keripik pedas yang telah di ajarkan
oleh sang nenek. Saat itu produksinya masih 50 bungkus perhari dengan varian
level 1-5 dan dipasarkan dengan cara berkeliling. Perlahan namun pasti usaha
yang di lakukan Reza semangkin berkembang, yang awalnya hanya level 1-5 kini
Reza menambah level menjadi 10 dan produsinya menjadi 2000 bungkus perhari.
Kini omset maicih mencapai 800-900juta perbulan, jika dikalkulasi Reza memiliki
keuntungan 30 juta rupiah perhari. Wow padahal dia masih muda namun sudah
menjadi jutawan hanya dengan berbisnis keripik.
Strategi
Pemasaran Keripik Maicih
Kesuksesan
keripik maicih tidak terlepas dari strategi marketing, Namun anehnya maicih
sama sekali tidak memiliki kantor resmi maupun toko untuk menjual produknya.
Reza justru lebih memilih menjual produknya melalui sosial media seperti
twitter dan facebook. Mengapa demikian? alasannya karena Reza ingin membuat
para calon pembeli menjadi semakin penasaran. Reza akan memberitahukan dimana
lokasi para agen maicih menjajakan dagangannya. Yang menjadi daya tarik maicih
bagi peselancar dunia maya sehingga lebih penasaran dengan produk ini adalah
karena maicih menggunakan istilah-istilah unik. misalnya untuk para agen di
beri sebutan para "Jenderal", "Emak" berarti pembuat
keripik, "Cucu" berarti konsumen, "iciher" berarti
penggemar keripik maicih, "Republik Maicih" untuk manajemen usahanya,
dan "Tericih-icih" yang menandakan ketagihan karena pedas dan betapa
enaknya keripik maicih.
Kesibukan
Reza
Selain
sibuk mengurus bisnis keripik maicih ternyata pria yang akrab disapa Axl ini
juga memiliki kesibukan lainnya. Terkadang ia diminta untuk menjadi pembicara
di kampus-kampus atau di sekolah. Selain itu Reza Axl Nurhilman juga sibuk
memberikan pelatihan bagi calon pengusaha muda dengan mendirikan AXlent Academy
untuk mencetak jutawan-jutawan muda. Ia juga mengeluarkan majalah
"Icihers Magazine" dan sebuah buku berjudul "Revolusi
Pedas" yang di terbitkan oleh Blitz Megaplex Grand Indonesia di Jakarta
pada 29 Juni 2012 silam. Reza memberikan tips sukses yaitu totalitas,
loyalitas, dan sinergi, jika ketiganya dijalankan dengan seimbang maka bisnis
akan berjalan dengan lancar dan terus berkembang.
0 komentar:
Posting Komentar